Kamis, 31 Desember 2009

STRATEGI BELAJAR

Pertemuan Ke 8
Sebelum masuk kedalam materi yang akan dipelajari yaitu mengenai strategi dan metode belajar, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa fungsi dan tujuan dari belajar tersebut. Karena seluruh proses kehidupan manusia adalah belajar, seluruh aktivitas adalah bagian dari proses belajar. Dengan belajar kehidupan manusia dapat lebih baik dan bermanfaat serta akan mengetahui aspek terdalam suatu bidang ilmu yang dapat memberikan manusia referensi maksud dari definisi ilmu itu sendiri. Selain itu, setiap agama yang ada di dunia mewajibkan umatnya untuk belajar agar memiliki pengetahuan yang baik.

Selain belajar, terdapat isilah lain yang sering digunakan dalam dunia pendidikan yaitu pembelajaran. Pembelajaran membicarakan mengenai interaksi terhadap guru, dosen, atau lingkungan. Belajar yang baik adalah belajar yang sesuai dengan keadaan lingkungan sekitar atau yang sering disebut seagai pembelajaran kontekstual. Proses pembelajaran tidak boleh dilakukan oleh orang yang sembarangan, harus dilakukan oleh orang yang profesional dan memiliki pengetahuan khusus dibidangnya untuk memberikan kemungkinan dan atau kemudahan untuk memperoleh pengetahuan untuk memperoleh kegiatan yang kita lakukan sehari-hari oleh orang lain untuk belajar dengan sengaja, terarah serta terkendali. Pembelajaran sebaiknya intervensi dengan tujuan terjadinya belajar.

Dalam pembelajaran terjadi perubahan paradigma pendekatan pembelajaran. Perubahan paradigma yang pertama adalah perubahan paradigma pengajaran pembelajaran (teacher centered) menjadi student centered, maksudnya adalah agar para siswa dapat lebih nyaman dan aktiv dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas. Perubahan yang kedua adalah perubahan landasan yaitu teori belajar behavioristik ke teori belajar konstruktivistik maksudnya adalah peserta didik akan lebih pandai mengontrol dan memilih pengetahuan yang harus diterapkan dalam hidup. Dalam behavioristik terdapat aktivitas penambahan pengetahuan, pengetahuannya bersifat objektif dan pasti, pengetahuannya tersetruktur dengan rapih dan seragam. Sedangkan dalam kontruktivistik hal yang dilakukan adalah pemaknaan atau pengetahuan, pengetahuan nonobjektif dan senantiasa berubah, serta pengetahuan tersetruktur secara rumit dan beragam. Dan perubahan yang terakhit adalah pendekatan ilmiah yaitu perubahan-perubahan terhadap teori-teori pembelajaran sehubungan dengan berkembanganya zaman serta kebutuhan hidup.

Ada beberapa macam proses pembelajaran yaitu dosusun secara sistemik dan sistematis ; interaksi yang optimal, dosen, mahasiswa, dan sumber belajar ; serta suasana yang menyenangkan, menantang, mendorong semangat dan kegiatan, memungkinkan berkembanganya prakarsa/ inisiatif/ koridor yang diberikan, memberikan keteladanan, membangun kemandirian.

Ada satu jenis pembelajaran yaitu sistem pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang dirancang berdasarkan tema tertentu, tema ditinjau dari beberapa mata pelajaran. Pada pembelajaran tematik disediakan keluasan dan kedalaman implementasi kurikulum serta menawarkan dinamika dalam pembelajaran. Menghilangkan batas semu antar bagian kurikulum, menyediakan pembelajaran yang integratif dan membantu siswa membangun hubungan antara konsep dan ide pemahaman.

Pembelajaran koperatif yaitu mengorganisasikan isi ajaran dan kegiatan belajar sehingga terjadi proses belajar yang aktiv. Kategori belajar aktiv meliputi ; belajar yang menemukan (discovery learning) ; belajar berbasis masalah (problem based learning) ; belajar kontekstual (contextual learning) ; belajar mandiri (independent learning) ; belajar kooperatif (cooperativ learning) ; blajar pemetaan konsep (concept mapping learning).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar