Kamis, 31 Desember 2009

KONSEP DASAR MANAJEMEN KESISWAAN

Konsep dasar
Manajemen Kesiswaan

Pada Pertemuan ke 2 ini Pak Amril menjelaskan mengenai konsep dasar dari Manajemen Peserta didik.
Pengertian manajemen ?

Proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya secara efektif dan efisien, untuk mencapai tujuan organisasi.

Pengertian peserta didik ?

w Anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur (formal, informal, non formal); jenjang (dasar, menengah, tinggi) dan jenis pendidikan (umum, kejuruan, akademik, profesi, vokasi, keagamaan, khusus) tertentu

Fungsi manajemen peserta didik :

w Fungsi Manajerial :

P O A C

w Fungsi operasional :

Rekrutmen, Seleksi, Penempatan, Orientasi, Pengembangan, BK, layanan tambahan, pemberhentian, sistem informasi kesiswaa

Aspek dalam perencanaan :

w Pemilihan dan penetapan tujuan

w Analisis kohort : menjelaskan akibat yg terjadi terhadap populasi kohort setelah diamati dan diikuti selama jangka waktu tertentu

w Penentuan:

Ø strategi

Ø kebijakan

Ø program

Ø prosedur

Ø metode

Ø sistem

Ø anggaran

Ø standar yang dibutuhkan

pengorganisasian :

w Penentuan sumber daya dan kegiatan untuk mencapai tujuan

w Perancangan dan pengembangan suatu organisasi atau tim kerja

w Penugasan tanggung jawab tertentu

w Pemberian kewenangan

Pengarahan :

w Membuat orang mau bekerja

w Komunikasi

w Motivasi

w Disiplin

Pengawasan :

w Apakah tujuan tercapai ?

w Kegiatan yang tidak diinginkan atau dibutuhkan jangan terjadi lagi

w Penetapan standar

w Penentuan ukuran kinerja

w Pengukuran hasil pelaksaan à dibandingkan dgn standar

w Pengambilan tindakan koreksi à bila ada penyimpangan

Rekruitmen :

w Membuat calon siswa terpikat

w Saluran informasi

w Evaluasi: jumlah pendaftar, jumlah yang diterima, jumlah yg masuk

w Form-form

Seleksi

w Tantangan ethis

w Tantangan organisasi

w Langkah2: administratif, tes2 (psiko, TPA, performance), wawancara, evaluasi medis, keputusan hasil seleksi.

Penempatan :

w Penempatan di klas

w Penjurusan

w Manajemen kelas: posisi, moving class, staying class

Orientasi :

w Tujuan

w Materi : sejarah, fasilitas, hak dan kewajiban, personalia, tata tertib, tata krama

w Teknis, mekanisme, cara

w Waktu

w pelaksana

pengembangan :

w Kurikuler à akademik

w Ko kurikuler

w Ekstra kurikuler

w Organisasi à kepemimpinan

Bimbingan dan konsel :

w merencanakan kegiatan penyelesaian studi, perkembangan karir serta kehidupan-nya di masa yang akan datang;

w mengembangkan seluruh potensi dan kekuatan yang dimilikinya seoptimal mungkin;

w menyesuaikan diri dengan lingkungan pendidikan, lingkungan masyarakat serta lingkungan kerjanya;

w mengatasi hambatan dan kesulitan yang dihadapi dalam studi, penyesuaian dengan lingkungan pendidikan, masyarakat, maupun lingkungan kerja.

Fasilitas layanan :

w Beasiswa

w Kantin

w UKS, klinik, dokter kecil

w Sarana olahraga dan seni

w Sarana ibadah

Pemberhentian :

w Droup out

w Pindah à mutasi

w Lulus

Paparan tersebut diatas merupakan bahan yang diberikan oleh pak amril pada saat menjelaskan mengenai konsep dasar manajemen kesiswaan, dengan penjelasan dari beliau yang cukup gamblang dan mudah dimengerti membuat kita semua mahasiswa manajemen pendidikan reguler 2008, khususnya saya dapat lebih mengerti bahgaimana memanage peserta didik yang baik dalam penerapan konsep yang akan diterapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar