Minggu, 03 Januari 2010

Pengembangan Kesiswaan dan Ekstrakurikuler

Pada pertemuan yang terakhir ini semua pembahasan mata kuliah dijelaskan
Yang pertama adalah mengenai Pengembangan Kesiswaan dan Ekstrakurikuler yang dipresentasikan oleh Dwina Arini Fikrianti dan Ade Septi Yani

Adapun pembahasannya adalah sebagai berikut :

Pengembangan kesiswaan = Pembinaan kesiswaan yaitu,
"Mengembangkan potensi siswa sesuai bakat, minat dan kebutuhan siswa melalui kegiatan-kegiatan di luar jam sekolah dengan mengadakan pembinaan kesiswaan yang dimonitor oleh pihak sekolah.”

Berdasarkan Permen No. 39 pada Bab 1 pasal 1 dinyatakan bahwa : Tujuan pembinaan kesiswaan adalah untuk mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yang meliputi bakat, minat, dan kreativitas, memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan, sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan, mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat, menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati masyarakat madani (civil society).

-Ekstakurikuler
Kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah/madrasah
-Kokurikuler
Kegiatan kokurikuler adalah kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran yang telah dijatahkan dalam struktur program, berupa penugasan-penugasan atau pekerjaan rumah yang menjadi pasangan kegiatan intrakurikuler.

Fungsi Kegiatan Ekstra kurikuler
a.   Pengembangan

b.   Sosial

c.   Rekreatif

d.   Persiapan karir

Prinsip kegiatan Ekstrakurikuler

1 )Individual

2 )Pilihan

3) Keterlibatan aktif

4) Menyenangkan

5) Etos kerja

6) Kemanfaatan sosial



Spesifikasi jenis-jenis kegiatan ekstrakurikler

1) Krida, meliputi Kepramukaan, Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), Palang Merah Remaja (PMR), Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA).

2 )Karya Ilmiah, meliputi Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR), kegiatan penguasaan keilmuan dan kemampuan akademik, penelitian.

3) Latihan/lomba keberbakatan/prestasi, meliputi pengembangan bakat olah raga, seni dan budaya, cinta alam, jurnalistik, teater, keagamaan.

4 )Seminar, lokakarya, dan pameran/bazar, dengan  substansi antara lain karir, pendidikan, kesehatan, perlindungan HAM, keagamaan, seni  budaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar