Minggu, 03 Januari 2010

PROGRAM LAYANAN PENDIDIKAN ANAK CERDAS ISTIMEWA BERBAKAT ISTIMEWA.

Mengenali ciri-ciri anak gifted :
Anak telah mampu membaca sebelum masuk sekolah,
perkembangan bahasanya lebih cepat dan baik, perbendaharaan katanya lebih banyak, suka mencari tahu jawaban dari "bagaimana" dan "mengapa" tentang sesuatu hal,
mampu bekerja mandiri sejak kecil dan melakukan pemusatan perhatian dalam jangka panjang,
mempunyai minat yang luas, bervariasi dan mendalam,mempunyai energi yang tinggiberhubungan dan berespon baik terhadap orangtua, guru, dan orang dewasa.
Suka berteman dengan anak yang berusia di atasnya, suka mempelajari sesuatu yang baru dan mengerjakan tugas-tugas dengan baik dan efisien.
Keberbakatan anak gifted bersifat heterogen, artinya, sama seperti anak normal lainnya, bakat setiap anak gifted tentusaja berbeda satu sama lain. Maka upaya pengenalan dan penangannya juga berbeda. Mengalami perkembangan berbeda (uneven development). Mereka cenderung sangat pesat dalam satu aspek tapi pada saat bersamaan ada aspek lain yang terlambat

Layanan Pendidikan untuk anak Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa adalah AKSELERASI.
Akselerasi adalah
Program Pendidikan percepatan belajar yang diberikan kepada anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa.

Tujuannya adalah
1) Memberi kesempatan kepada siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata untuk menyelesaikan program studi lebih cepat
2 )Memenuhi kebutuhan peserta didik yang memiliki karakteristik spesifik dari segi perkembangan kognitif dan afektif.
3) Memenuhi Hak Azasi manusia peserta didik yag sesuai dengan kebutuhan pendidikan bagi dirinya sendiri.
4)Memenuhi minat intelektual dan perspektif masa depan peserta didik.
5)Memenuhi kebutuhan aktualisasi diri peserta didik.
6)Menimbang peran serta peserta didik sebagai aset masyarakat dan kebutuhan masyarakat untuk pengisian peran.
7)Menyiapkan peserta didik sebagai pemimpin masa depan.

Pro dan Kontra akselerasi

Pandangan Negatif
1) Akselerasi terkesan eksklusif karena anak cerdas istimewa di kelompokkan dalam kelas khusus.
2 )Proses pembelajaran yang cenderung bersifat homogen dari aspek kemampuannya akan membuat anak sulit bersosialisasi dengan teman sebaya mereka dan akan mengganggu proses perkembangan emosional dan psikologis
3 )Tidak ada “Transfer of Knowledge” dari anak cerdas istimewa kepada teman lainnya sebagai salah satu media dan bentuk sosialisasi di sekolah.
4) Bisa menimbulkan rasa rendah diri, inferior atau “teralienasi” teman-teman lainnya yang tidak termasuk kategori cerdas istimewa.

Pandangan Positif
1) Akselerasi telah menjadi program nyata bagi pelayanan anak cerdas istimewa yang selama ini terabaikan.
2)Guru sebagai ujung tombak proses pendidikan di sekolah akan lebih fokus dan
3) memiliki peluang untuk secara mandiri dan kreatif mengembangkan metode yang fleksibel disesuaikan dengan situasi dan kondisi anak pada saat pembelajaran.
4) Penanganan siswa cerdas istimewa tidak dapat dilakukan oleh guru yang belum memahami karakteristik, masalah dan metode pembelajaran siswa cerdas istimewa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar