Senin, 29 Maret 2010

Konsep Dasar Manajemen Keuangan

PERTEMUAN II

Pada pertemuan ke II ini, pak AMril menjelaskan bahwa Terdapat 3 kategori bisnis yang pertama adalah Badan Usaha Badan Hukum, kedua berdasarkan Jenis Usahanya dan yang ketiga berdasarkan Kepemilikannya.
Berdasarkan Badan Usaha Badan Hukum terdiri dari a) Privat bisnis yang merupakan badan usaha perorangan, b) Firma merupakan badan usaha yang menggunakan nama-nama orang terkenal, c) Koperasi; suatu bentuk usaha bersama yang bersifat kerja sama d) CV atau biasa kita kenal dengan sebutan perseroan komenditer dimana patner hanya menerima uang, e) PT (Perseroan Terbatas), pada PT modalnya terdiri dari saham-saham dan setiap pemegang saham dalam Perseroan Terbatas tidak mengurusi nilai saham yang mereka tanam, f) BHMN (Badan Hukum Milik Negara) suatu status yang diberikan oleh masyarakat untuk universitas negeri, seperti UI dan UGM dan g) BHP (Badan Hukum Pendidikan) yaitu badan hukum bagi penyelenggaraan dan/atau satuan pendidikan formal, yang berfungsi memberikan pelayanan pendidikan kepada peserta didik, berprinsip nirlaba, dan dapat mengelola dana secara mandiri untuk memajukan satuan pendidikan.

Jika dilihat dari jenis usahanya terdapat 3 macam bisnis yaitu bisnis jasa, bisnis perdagangan, bisnis industri atau manufaktur. a) Bisnis jasa atau pelayanan terjadi ketika adanya interaksi antaranya yang membuat dan costumer. Contoh : bisnis pengiriman barang. b) Bisnis perdagangan adalah bisnis yang menjual suatu barang dimana harga jual telah menyangkut laba. Terdiri dari harga pembelian + laba yang diharapkan, dan bukan merupakan laba aktual. c) Manu faktur atau bisnis yang merubah bahan mentah menjadi barang jadi. Biaya- biaya yang harus difikirkan dalam bisnis manufaktur adalah biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya tak terduga (over head) diluar biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung.

Berdasarkan jenis kepemilikannya dibagi menjadi 4 yaitu bisnis yang pemiliknya adalah masyarakat atau public, Pemerintah Pusat contohnya BUMN ( Badan Usaha Milik Negara), Pemerintah Daerah sebagai contoh adalah BUMD ( Badan Usaha Milik Daerah) dan bisnis yang pemiliknya adalah campuran.

Finansial Statement ( laporan keuangan) terbagi menjadi 3 yaitu
1) Income Statement; terdapat tiga komponen dalam income statement, yaitu pendapatan, biaya operasional, dan biaya lain-lain.
2) Laporan perubahan modal; dapat kita lihat dari modal awal, saldo laba, prive, dan modal akhir.
3) Balance Shoet; terdiri dari 3 komponen yaitu

* Asset terdiri dari current asset, fixed asset, dan itensibel fix asset.
* Liabilies Terdiri dari current liabilies dan los term liabilities
* Capital terdiri dari saham, agio saham dan dis agio saham.

Laporan keuangan akan terjadi karena adanya sebuah transaksi. Transaksi adalah kejadian yang dilakukan dua orang atau lebih yang berakibat pada perubahan nilai pada dua account atau lebih, yang dapat dinilai dengan uang.

Dengan adanya suatu transaksi maka akan adanya suatu analisis dimana kita dapat mengambil sebuah keputusan biasa berupa jawaban ya atau tidak. Setelah diadakan analisis maka akan dimasukan kedalam buku jurnal. Buku jurnal merupakan catatan transaksi yang bernilai keuangan yang menggambarkan dan menginformasikan pengaruhnya terhadap account. Setelah dicatat dibuku jurnal maka akan diposting di buku besar kemudian akan digambarkan kedalam summary atau neraca saldo. Begitulah seterusnya dapat dikatakan disamakan dengan sebuah siklus.

A = C
A = L + C
A = CA + FA + IFA
IFA = NIFA + AN
FA = NFA - DA
L = CL + LTL
IFA = surat izin + perizinan = konsensi
IPO = biaya go public

Saldo normal terbagi tiga yaitu aktiva - debet, utang- kredit, dan modal - kredit.
Laba juga terbagi menjadi tiga yaitu pengembangan, cadangan, pemakaian.

Terdapat dua tugas yang dimiliki oleh seorang manajer keuangan, yaitu
1. Mencari Uang atau Sumber Pembiayaan.

1. Bersumber dari pemilik yang berarti modal.
2. Bersumber dari bank berkaitan dengan hutang.
3. Bersumber dari masyarakat dengan cara go public.

2. Menggunakan uang. terkait dengan operasional dan investasi. Dalam menggunakan uang menggunakan prinsip anggaran yaitu skala prioritas.

1 komentar: