Minggu, 18 Oktober 2009

PARADIGMA BARU MANAJEMEN PENDIDIKAN

Pada awal perkuliahan pak AMril menjelaskan dan mengemukakan pendapatnya mengenai Paradigma baru Manajemen Pendidikan..menurut Beliau Untuk mengembangkan dunia pendidikan dibutuhkan beberapa informasi yang tentu saja akurat untuk mendukung pengembangan pendidikan menuju masa depan yang lebih baik. Selain itu, dunia pendidikan juga membutuhkan tenaga pendukung dari lembaga – lembaga terkait.

Untuk mencapai hal itu, sebelumnya perlu diketahui bagaimana sebenarnya paradigma baru dalam dunia pendidikan yaitu mengenai trend kini menuju masa depan dan bagaimana tuntutan terhadap kompetensi Sumber Daya Manusia.

* Paradigma baru dalam pendidikan mengenai trend kini menuju ke masa depan, yaitu :

1. Kompetitif

Untuk mencapai pendidikan yang lebih baik perlu diperhadapkan kepada persaingan – persaingan dalam dunia pendidikan. Dalam hal ini, kita harus memiliki kemampuan, kemauan dan sumber daya manusia.

2. Transparan

Setiap individu harus jujur dan objektif .

3. Spesialisasi

Setiap individu harus memiliki sesuatu kemampuan yang istimewa

dalam suatu bidang tertentu dan mampu untuk mengembangkan

bidang itu.

4. Profesionalisme

Setiap individu bisa menjaga etika bekerja sepenuh hati.

5. Dinamis

Setiap individu harus mampu dan berani bergerak atau membuat

perubahan. Sebelumnya, ada beberapa poin yang mempengaruhi

perubahan, yaitu : eksperimen – making mistakes, taking risk –

growing, dan breaking rules – inventing.

6. Adaptif

Setiap individu mampu menyesuaikan diri dan mempunyai inisiatif

* Tuntutan terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia dibagi atas :
1. Pengetahuan

Maksudnya adalah setiap sumber daya manusia harus memiliki pengetahuan konseptual yang integratif dan aplikatif yaitu orientasi pada solusi, inovasi, dan kreatifitas serta nilai – nilai universal( lintas budaya )

*
2. Keterampilan

Sumber daya manusia harus mampu dalam komunikasi multi budaya, pemanfaatan, dan pengembangan intelektual, emosional, dan daya juang.

*
3. Sikap / perilaku

Sumber daya manusia harus memiliki sikap / perilaku yang dinamis dan fleksiebel ; inisiatif dan proaktif ; inovatif dan kreatif ; serta mandiri dan survive.

Kedua hal di atas sangat mendukung pengembangan dunia pendidikan. Pendidikan dapat dikatakan baik jika raw input, instrumental input, dan environmental input dapat dipersatukan dan saling mendukung satu sama lain demi mencapai tujuan nasionaL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar