Senin, 19 Oktober 2009

Perencanaan Peserta Didik

PERENCANAAN PESERTA DIDIK

Perencanaan dalam hal ini berbicara tentang banyak hal, yaitu :

ü Berbicara untuk waktu yang akan datang dan apa yang akan kita tuju

ü Berbicara tentang pengambilan keputusan, yaitu memilih alternatif terbaik dari beberapa alternatif yang ada

ü Berbicara tentang sistematis ( berurutan ) yaitu menggunakan langkah dan prinsip tertentu misalnya prinsip ilmiah

ü Berbicara tentang apa yang harus dilakukan dalam mencapai tujuan dengan hasil yang baik

Pengertian perencanaan itu sendiri adalah penentuan urutan tindakan, prakiraan biaya, dan waktu untuk mengelola peserta didik yang didasarkan atas data dengan memperhatikan prioritas yang wajar,bersifat efisien untuk tercapainya tujuan pendidikan.

Tujuan diadakan perencanaan adalah :

- Menentukan arah dan tujuan

- Menentukan apa yang akan dikerjakan

- Menentukan kapan dikerjakan

- Menentukan bagaimana cara mengerjakan

- Menentukan siapa yang mengerjakan ( job description )

Faktor eksternal yang mempengaruhi suatu perencanaan, yaitu :

* Analisis : industry dan market, competitor, political and regulatory, social, human resources, macro economic, tehnological

Faktor internal yang mempengaruhi suatu perencanaan :

* Analisis : financial, human resources assessment, marketing audit, operation analysis, ochen internal resources ( MIS, R dan D ) → research dan development

Untuk pendidikan, muatan perencanaan terdiri dari :

- Strategi

- Kebijakan yang ditentukan dan dilakukan

- Program apa yang akan dilakukan mis : ekstrakulikuler

- Prosedur , yaitu langkah – langkah untuk melakukan program

- Metode apa yang digunakan

- Sistemnya bagaimana

- Anggaran yang dibutuhkan

- Standar yang dibutuhkan

Materi dalam perencanaan peserta didik, yaitu :

- Rekrutmen

- Seleksi

- Penempatan

- Orientasi

- pengembangan

- Bimbingan dan Konseling

- Mutasi

- Fasilitas layanan

- Pemberhentian / redundansi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar