PERENCANAAN PESERTA DIDIK
Perencanaan dalam hal ini berbicara tentang banyak hal, yaitu :
ü Berbicara untuk waktu yang akan datang dan apa yang akan kita tuju
ü Berbicara tentang pengambilan keputusan, yaitu memilih alternatif terbaik dari beberapa alternatif yang ada
ü Berbicara tentang sistematis ( berurutan ) yaitu menggunakan langkah dan prinsip tertentu misalnya prinsip ilmiah
ü Berbicara tentang apa yang harus dilakukan dalam mencapai tujuan dengan hasil yang baik
Pengertian perencanaan itu sendiri adalah penentuan urutan tindakan, prakiraan biaya, dan waktu untuk mengelola peserta didik yang didasarkan atas data dengan memperhatikan prioritas yang wajar,bersifat efisien untuk tercapainya tujuan pendidikan.
Tujuan diadakan perencanaan adalah :
- Menentukan arah dan tujuan
- Menentukan apa yang akan dikerjakan
- Menentukan kapan dikerjakan
- Menentukan bagaimana cara mengerjakan
- Menentukan siapa yang mengerjakan ( job description )
Faktor eksternal yang mempengaruhi suatu perencanaan, yaitu :
* Analisis : industry dan market, competitor, political and regulatory, social, human resources, macro economic, tehnological
Faktor internal yang mempengaruhi suatu perencanaan :
* Analisis : financial, human resources assessment, marketing audit, operation analysis, ochen internal resources ( MIS, R dan D ) → research dan development
Untuk pendidikan, muatan perencanaan terdiri dari :
- Strategi
- Kebijakan yang ditentukan dan dilakukan
- Program apa yang akan dilakukan mis : ekstrakulikuler
- Prosedur , yaitu langkah – langkah untuk melakukan program
- Metode apa yang digunakan
- Sistemnya bagaimana
- Anggaran yang dibutuhkan
- Standar yang dibutuhkan
Materi dalam perencanaan peserta didik, yaitu :
- Rekrutmen
- Seleksi
- Penempatan
- Orientasi
- pengembangan
- Bimbingan dan Konseling
- Mutasi
- Fasilitas layanan
- Pemberhentian / redundansi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar